POLITEKNIK GANESHA GURU
POLTEK G2 SINGARAJA
BALI
Jln.Letkol Wisnu No.2 Gedung Plaza Telkom Lt.2 Singaraja Telp (0362)32804
MAKALAH
SHOPPING CART
DISUSUN OLEH
NAMA : Kadek Budiasa
NIM : 10210022
KELAS : TI1
MATA KULIAH : Pemrograman Web 2
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
TAHUN 2010
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah “Pemrograman Web 2” yang telah banyak membimbing penulis sehingga saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Shopping Cart”.
Semakin pesat-nya perkembangan internet sekarang ini menciptakan hal – hal baru yang mempermudah kegiatan manusia, salah satu nya adalah “Shopping Cart”. Penulis ingin memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana “Shopping Cart” itu, untuk itulah makalah ini sengaja di buat agar pembaca tidak awam lagi dengan istilah “Shopping Cart”.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik, dan saran yang membangun agar penulis bisa memperbaiki kekurangan dan kesalahan dalam pembuatan dan penulisan makalah.Semoga makalah bisa berguna dan bermanfaatnya bagi para pembaca pada umumnya.
Singaraja, 28 September 2010
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui shopping cart, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.
Shopping Cart adalah suatu jenis dari mekanisme belanja online secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi dan konsumen langsung melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan shopping cart untuk meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam bisnis inti. Dengan aplikasi shopping cart, seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional. Maka Shopping Cart bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas jual beli. Membangun dan mengimplementasikan sebuah Shopping Cart bukanlah merupakan proses instant, namun merupakan transformasi strategi dan system bisnis yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan dan teknologi.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut :
1.2.1 Apa itu shopping cart ?
1.2.2 Apa keuntungan shopping cart ?
1.2.3 Apa kerugian shopping cart?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari makalah ini yaitu :
1.3.1 Untuk mengetahui tentang shopping cart.
1.3.2 Untuk mengetahui keuntungan dari shopping cart.
1.3.3 Untuk mengetahui kerugian dari shopping cart
1.4 Manfaat
Makalah ini tentunya memiliki beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut :
1.4.1 Bagi Mahasiswa
Bagi seorang mahasiswa, makalah ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan selain dari yang diberikan di kampus.
1.4.2 Bagi Pembaca
Makalah ini dapat menginspirasi pembaca untuk mengenal apa shopping cart itu, untuk menambah pengetahuan di bidang teknologi informasi yang kini semakin berkembang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Shopping Cart
Shopping Cart adalah suatu jenis dari mekanisme belanja online secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi dan konsumen langsung melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan
Shopping cart merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. Shopping cart juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan.
Shopping cart akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan)..
2.2 Keuntungan Shopping Cart
· Bagi Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi, dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
· Bagi Consumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
· Bagi Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas SDM
2.3 Kerugian Shopping Cart
· Meningkatkan INDIVIDUALISME, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
· Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata
· Tidak MANUSIAWI, sering sekali seseorang pergi ke toko & MALL tidak sekedar ingin memuaskan kebutuhannya akan barang/ jasa tertentu, akan tetapi bisa juga untuk refreshing, ketemu teman dan keluarga dan sebagainya.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Pengembangan Sopping Cart bagi sebuah perusahaan / lembaga merupakan proses yang cukup kompleks. Melibatkan beberapa organisasi / situs dalam penanganan sekuriti dan otorisasi.
Perangkat lunak Sopping Cart dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang lebih murah. Jenis antarmuka web dipilih dengan pertimbangan fleksibilitas implementasi perangkat lunak ini yang dapat dilakukan di jaringan intranet maupun internet, kemudahan untuk deployment, serta kemampuan cross platform. shopping cart yang lengkap dan banyak memberikan kemudahan sekaligus kemudahan dalam transaksinya, diantaranya:
1. kemudahan pemesanan barang dengan metode “I-Clik”
2. kemudahan dan keamanan dalam pembayaran melalui Amazon.com Visa Card, Kartu Kredit Visa/Mastercard, maupun Pay Pal
3. keberagaman dan jaminan keamanan dalam pengiriman barang.
3.2 Saran
Melalui makalah ini, penulis menyarankan agar para pembaca dapat memanfaatkan perkembangan Informasi dan Teknologi untuk kesejahteraan kehidupannya. Salah satunya, adalah dengan memanfaatkan media Shopping Cart yang ada. Dimana, pembaca dapat memasarkan barang hasil produksinya ataupun membeli apa yang menjadi kebutuhannya.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://www.benih.net/entertainment/buku/dari-garasi-jeff-bezos-mendirikan-amazoncom
2. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/e-commerce/
3. http://www.amazon.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar